KARTINI DAY

Image

Hari Kartini merupakan hari yang bersejarah terkhusus bagi kaum perempuan karena lewat perjuangan RA. Kartini, kaum perempuan punya kesetaraan dan hak yang sama dengan kaum laki-laki. Sebelum era Kartini, kaum perempuan mengalami diskriminasi dimana hak memperoleh pendidikan dan penghidupan yang layak tidak diberikan sehingga nasib perempuan jaman dulu hanya sebatas sebagai istri dan ibu rumah tangga dan akhirnya lewat perjuangan RA.Kartini sampai sekarang banyak aktivist-aktivis perempuan ikut berpartisipasi dalam segala aspek contohnya, Megawati Soekarnoputri pernah menjabat sebagai presiden RI dimana beliau menjabat selama 3 tahun (23 Juli 2001-20 Oktober 2004). Dan juga beberapa jabatan mentri yang dijabat oleh kaum perempuan seperti Sri Mulyani yang dulu pernah menjabat sebagai Mentri Keuangan, kemuadian ada Marie Elka Pangestu yang dulu menjabat sebagai Mentri Perdagangan dan sekarang setelah masa Reshuffle, beliau menjabat sebagai Mentri Pariwisata dan Ekonomi kreatif dan juga ada Linda Amalia Sari Gumelar yang saat ini menjabat sebagai Mentri Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, sebelumnya jabatan ini dijabat oleh Meuthia Hatta.

Pada perayaan hari Kartini kemarin, tepatnya hari Sabtu, 21 April 2012, ada berbagai event yang diadakan di Kota Solo dan saya mencoba untuk menghadiri event khususnya event musik di Solo yang diadakan di Taman Balekambang, Manahan,Solo. Panitia yang menyelenggarakan event ini   merupakan pengurus event Solo International Performing Art (SIPA) yang setiap tahunnya juga mengadakan pegelaran musik kelas International dan dijadwalkan pagelaran ini akan diadakan kembali pada bulan September mendatang.

Event yang diadakan  yaitu lomba nyanyian tradisional pengantar tidur yang diikuti tidak hanya oleh peserta dari Soloraya saja tapi dari berbagai kota di P.Jawa. event ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak dan salah satunya dari ibu Mentri Pemberdayaan Perempuan, Linda Amalia Sari Gumelar.

Hal yang membuat saya langsung terkagum-kagum saat saya datang di event itu adalah dimana sebelum acara inti yakini lomba itu dimulai, ada penampilan pembuka yang dibawakan oleh mahasiswa-mahasiswa dari ISI (Institut Seni Indonesia) Solo. Mereka menyuguhkan musik dan lagu tradisional Jawa yaitu Macapat yang dikolaborasi dengan musik modern seperti jazz. Perpaduan musik yang dilakukan sangat indah dan sangat melodis, semua penonton yang ada di pendopo taman Balekambangpun juga kagum dengan penampilan dari Mahasiswa ISI solo ini dan pada  saat yang sama pula, saya memberanikan diri mengobrol dengan salah satu penonton yang merupakan turis asal Jerman bernama Adam, dia cukup fasih berbahasa Indonesia secara dia sudah tinggal di Solo selama 3 tahun, dia berkata kalau dia sangat terkesan dengan pertunjukan musik ini. “acaranya baguus, it’s very good..” paparnya. Saat acara inti dimulai yakni lomba menyanyi lagu daerah pengantar tidur, saya lebih terpukau lagi dengan para peserta karena mereka sangat luar biasa dalam menyanyikan lagu-lagu daerah pengantar tidur dimana  cengkok dan liuk-liukan nada yang dilakukan sangat pas didengar.

Berdasarkan penelitian, nyanyian pengantar tidur merupakan bagian dari suatu metode yang bernama Hypnotherapy atau hipnosis yang didefinisikan sebagai suatu kondisi pikiran dimana fungsi analitis logis pikiran direduksi sehingga memungkinkan individu masuk ke dalam kondisi bawah sadar (sub-conscious/unconcious), di mana tersimpan beragam potensi internal yang dapat dimanfaatkan untuk lebih meningkatkan kualitas hidup.

Hipnotherapi telah terbukti memiliki beragam kegunaan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang berkenaan dengan emosi dan perilaku. Bahkan beberapa kasus medis serius seperti kanker dan serangan jantung, hipnotherapi mempercepat pemulihan kondisi seorang penderita. Hal ini sangat dimungkinkan karena hipnotherapi diarahkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memprogram ulang penyikapan individu terhadap penyakit yang dideritanya.

Berdasarkan penelitian-penelitian diatas, jika Hipnoterapi ini terbukti berfungsi meningkatkan kualitas hidup individu khususnya dalam hal perilaku berarti jika seorang anak sudah ditanamkan lagu-lagu daerah sejak usia bayi sebagai sarana penghantar tidur maka akan mengembangkan rasa cinta akan budaya tanah air pada anak pula.

Disamping penerapan metode Hipnoterapi melaui penyelenggaraan lomba ini masyarakat diajak untuk melestarikan budaya tanah air khususnya musik tradisional sehingga identitas bangsa Indonesia juga tidak direbut oleh bangsa lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s