MUSIC TECHNOLOGY

Teknologi saat ini sudah diaplikasikan disegala bidang, khususnya Musik yang dikenal dengan istilah “Compusician” yang berasal dari kata Computer dan Musician. Penggunaan teknologi di bidang musik meliputi produksi, mixing, mastering bahkan performance di panggung sudah tersentuh dengan yang namanya komputer. Software – software pendukungnya meliputi:
1. Pro Tools
Merupakan platform digital audio work station untuk Microsoft Windows dan Sistem pengoperasian Mac OS X, dikembangkan dan dijualbelikan oleh Avid Technology. Software ini secara luas dipakai oleh para profesional di industri audio untuk proses recording dan editing dalam produksi musik, film scoring, film dan TV production. Pro tools dapat berjalan sebagai software yang berdiri sendiri, atau pengoperasian menggunakan rangkaian external A/D (Analog to Digital) converter dan internal PCI atau PCle audio card (Peripheral Component Interconnect Express)dengan onboard DSP (Digital Signal Processor).

2. Sibelius
Merupakan software program untuk scorewriter (yang sekarang ini juga bagian dari Avid Technology) untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan RISC OS (merupakan seri dari GUI atau Graphical User Interface yang berbasis sistem operasi yang dirancang untuk ARM Architecture System(Advance RISC Machine), RISC sendiri memiliki kepanjangan Reduced Instruction Set Computing). Software ini dipakai untuk composer, arranger, performer, music publisher, guru dan siswa. Software ini secara khusus dipakai untuk pembuatan musik klasik, jazz, band, vokal, film dan musik televisi. Selain itu software ini juga berfungsi untuk mengedit dan mencetak score, sibelius juga dapat memutar ulang musik dengan kualitas sauara yang lebih baik, dapat juga memindai dan mengimport score yang dicetak untuk proses edit dan mempublish score untuk proses lain untuk dapat diakses via internet dan iPad. Pengguna sibelius sudah mencapai ratusan ribu tersebar di 100 negara dan mendapat penghargaan sebagai the World’s best –selling scorewritter.

3. Reason.
merupakan software program musik yang dikembangkan oleh software developer berkebangsaan Swedia. Software ini mengemulasi rack hardware synthesizer, sampler, signal processor, sequencer, dan mixer, semuanya dapat secara free saling terhubung dalam arbitary manner (acak). Reason dapat digunakan baik sebagai virtual music studio atau sebagai kumpulan instrumen virtual yang dipakai dengan software sequencing yang lain.

4. Band in Box.
Merupakan software MIDI (Musical Instrument Digital Interface) untuk Windows dan Mac OS yang diproduksi oleh PG Music Incorporated. Dikenalkan pertama kali dikenalkan pada tahun 1990 untuk Atari ST ( Home/personal computer yang dirilis oleh Atari Corporation ditahun 1985 dan secara komersial berdiri diawal tahun 1990an. ST sendiri berkepanjangan “Sixteen/Thirty-Two” yang mengacu pada Motorola 68000 16-bit external bus dan 32 bit internal). Sejak saat itu, PG MUSIC sering menjadi penerima award.
Band-in-Box mampu menciptakan background untuk chord yang kebanyakan dipakai pada musik – musik barat yang populer. Software ini juga dapat memutar ulang lagu dengan style background yang berbeda.

Menjadi seseorang compusician tidak harus seseorang yang mahir pada alat musik tertentu saja tetapi semua pemain musik yang menggunakan teknologi terkini. Contohnya, apa yang dapat dilakukan seorang gitaris dengan teknologi? Sebagai alat musik yang sangat merakyat, gitar berkembang mulai dari akustik, akustik elektrik, elektrik sampai gitar synthesizer. Dan hal yang menarik, dengan adanya teknologi virtual instrument yang sudah demikian maju, pemain gitar bisa menggunakan gitar sebagai controller untuk mengeluarkan suara-suara yang bukan gitar atau controller menghasilkan suara gitar seperti layaknya sebuah synthesizer. Hal ini tentunya membutuhkan “skill yang berbeda”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s