“DON’T JUDGE THE BOOK FROM THE COVER”

Mungkin ungkapan diatas sering kita dengar, biasanya kita menjumpai ungkapan ini saat kita ditegur karena kita menilai orang dari penampilan. Tapi selebihnya, ungkapan ini hanya memberi nasehat kepada kita untuk tidak menilai orang sebelah mata saja. Intinya, kita perlu mengenal setiap pribadi tidak hanya dari luar melainkan lebih mengenal karakter dalam diri setiap pribadi.

Salah satu kutipan yang dilontarkan oleh Thomas Aquinas, seorang ahli theologi asal Italy berkata “Every judgment of conscience, be it right or wrong, be it about things evil in themselves or morally indifferent, is obligatory, in such wise that he who acts against his conscience always sinsyang intinya menghakimi orang lain adalah perbuatan dosa.

Raja Daud, selain Raja, dia juga seorang pemimpin perang yang berhasil menundukan lawannya yang berbadan raksasa, Goliath dari bangsa Philistine hanya dengan lemparan batu saja. Sebelum ia menjadi raja, dia adalah seorang gembala yang sering menggembalakan ternak di padang rumput. Secara fisik, dia tidak pantas menjadi seorang Raja bahkan pemimpin perang karena perawakannya yang kecil dan wajahnya yang masih kemerah-merahhan, kalau jaman sekarang orang menyebutnya “Baby Face”. Tapi sekali lagi, Daud menjadi seorang Raja pada saat itu dipilih atas amanat dari Tuhan sendiri, dimana dikatakan di Alkitab Perjanjian Lama, Kitab 1 Samuel 16: 7 dikatakan “ do not consider his appearance  or his heights cause I have rejected him. Man looks at the things man looks but Lord looks at the heart.” Dari perikop ini dapat dijelaskan bahwa Tuhan semesta alam tidak pernah melihat seseorang dari penampilannya, tapi Tuhan melihat hati dan ketulusan setiap pribadi.

Contoh lain lagi yang bisa saya bagikan yaitu Susan Boyle, dia adalah seorang penyanyi jebolan acara reality show di UK , “British’ Got Talents”. Dia lahir dari seorang veteran dan penambang  pada masa PD II. Semasa di sekolah, dia selalu menjadi korban kekerasan (bullying) oleh teman-temannya. Setelah dia lulus dari sekolah, dia bekerja sebagai juru masak di West Lothian College selama 6 bulan dan kemudian dia ambil bagian dalam program pelatihan memasak yang diadakan oleh pemerintah UK saat itu dan dia juga tampil bernyanyi disana. Pada saat dia menunjukan kebolehannya dihadapan para juri di acara tersebut, yang dimana salah satu juri adalah Simon Cowel, seorang producer musik dan mantan juri ajang pencarian bakat “American Idol”, banyak orang meremahkan dia dengan menyoraki dia, bahkan para juri juga sempat meragukan dia saat itu karena penampilannya yang kurang modis dan terlihat cenderung sangat kuno. Dari peristiwa itu dapat  diambil kesimpulan bahwa orang mulai menilai dia dari penampilannya, tapi sekali lagi bakat khususnya menyanyi bukan dilihat dari bagaimana cara seseorang berdandan atau berpakaian tapi lebih kepada sesuatu yang muncul dari dalam dan saat Susan Boyle ini mulai membuka mulutnya dan bernyanyi, banyak orang yang hadir pada saat itu bahkan para juri termasuk Simon Cowel sangat tercengang dan terpukau dengan penampilannya.

Dari contoh – contoh diatas kita dapat belajar banyak mengenai “Don’t Judge the Book From the Cover”. Mungkin beberapa ada yang tidak setuju dengan quote itu dan beranggapan bahwa penampilan juga menentukan perilaku seseorang. Sebagai contoh, kita pasti tahu secara fisik penampilan seorang preman, kita dapat menilai orang itu preman dengan melihat cara dia berpakaian dan berperilaku, tapi sekali lagi, jangan sampai ada kata-kata penghakiman keluar dari mulut kita sebelum kita mengenal pribadi terdalam mereka. Dan tidak disangkal pula ada juga orang-orang yang berpakaian sopan dan tertutup bahkan menjadi aktivis dalam kegiatan kerohanian tapi perilakunya tidak sesuai dengan penampilannya. Intinya, segala sesuatu perlu yang namanya menelaah lebih dalam lagi sebelum kita memutuskan membuat suatu penilaian terhadap seseorang.

Pengalaman pribadi yang saya alami akhir – akhir ini yang mungkin sulit saya lupakan adalah pengalaman dengan pemimpin persekutuan saya. Dimata saya dulu, dia adalah pribadi yang sudah saya anggap sebagai keluarga, bahkan setiap ada masalah saya selau cerita sama dia. Kami kadang beribadah ke gereja bersama layaknya sebuah keluarga yang harmonis. Sampai suatu saat, terjadi kesalahpahaman antara saya dan dia. Pertengkarang hebat terjadi diantara kami bahkan melibatkan keluarga saya yang tidak tahu menahu mengenai konflik  yang saya hadapi. Dia mulai memaki-maki keluarga saya dengan kata – kata yang tidak pantas dilontarkan oleh seorang pemimpin persekutuan.  Seperti pada kutipan ayat alkitab yang tertulis di Amsal 4: 23 yang berbunyi “Above all else, GUARD YOUR HEART for it is wellspring of life” dari kutipan itu dapat dijelaskan bahwa kita perlu menjaga hati kita karena dari hati terpancar kehidupan dan dari kata – kata yang terlontar dari mulut pemimpin persekutuan saya, saya dapat memberi penilaian terhadap dia. Saat itu benar-benar saya tidak menyangka dengan perilakunya tapi dari peristiwa itu, saya tertantang untuk menjaga hati saya, meskipun kata-kata kutuk keluar dari mulut saya. Pada saat itu juga, saya berdoa dan menangis dihadapan Tuhan dan memintaNya untuk mengampuni dosa saya dan pemimpin saya.  Dari peristiwa itu juga saya belajar untuk tidak menilai orang dari penampilan bahkan dari kegiatan rohani yang dia ikuti.

Sejak Adam dan Hawa berbuat dosa, kita sudah memiliki yang namanya tabiat untuk berbuat dosa, maka dari itu, mulailah self-judgment pada setiap diri kita seperti pada petikan lagu dari Alm. Michael Jackson yang berbunyi

I’m Starting With The Man In The Mirror
I’m Asking Him To Change
His Ways
And No Message Could Have
Been Any Clearer
If You Wanna Make The World
A Better Place

Take A Look At Yourself, And Then Make A Change

 

Lagu ini mengajak kita untuk lebih memperbaiki diri kita sebelum kita menghakimi orang lain. So start from now, DON’T JUDGE THE BOOK FROM THE COVER!!!

Leave a Reply

